Kamis, 12 Agustus 2010

Imam Muhammad bin Saud Pendiri Negara Saudi Pertama

"Imam" Muhammad bin Saud (bahasa Arab: محمد بن سعود) (w. 1765) dianggap sebagai kepala pertama dari House of Saud, yang secara teknis dinamai ayahnya, Saud bin Muhammad bin Muqrin. Dasar kekuatan awal kota Ad-Dar'iyah, di mana ia bertemu Muhammad bin Abd al-Wahhab, yang datang ke Saud untuk perlindungan. Ibn Saud diberikan ini, dan dua memutuskan untuk bekerja sama untuk membersihkan Semenanjung Arab dari apa yang mereka lihat sebagai inovasi (bidah) dalam praktik Islam dengan membawa agama kembali ke bentuk yang paling murni. Mereka membentuk aliansi, dan ini diresmikan oleh pernikahan putri Ibn Abd al-Wahhab Abdul Aziz, putra dan penerus Ibn Saud.

Menggunakan ideologi Ibn Al-Wahhab, Ibn Saud membantu mendirikan House of Saud di antara suku-suku lain di Semenanjung Arab. Penggunaan agama sebagai dasar untuk legitimasi dibedakan House of Saud dari suku tetangga dan membangun dukungan.

Dengan demikian, Ibn Saud dianggap sebagai pendiri Negara Saudi Pertama. Cara dia mengatur pemerintah menjabat sebagai model untuk penguasa House of Saud sampai hari ini. Pemerintah didasarkan pada prinsip-prinsip Islam dan memanfaatkan syura. Ia memerintah dari 1744 sampai kematiannya pada tahun 1765.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar