Kamis, 12 Agustus 2010

Negara Saudi Pertama 1744 - 1818

Negara Saudi Pertama didirikan pada tahun 1744 (1157 A.H.) ketika Sheikh Muhammad ibn Abd al Wahhab menetap di Diriyah dan Pangeran Muhammad ibn Saud (dari Diriyah) setuju untuk mendukung dan mendukung Wahhab, Dengan pemandangan membersihkan kepercayaan Islamiah dari apa yang dianggap oleh mereka menjadi distorsi praktek Islamiah (lihat Wahhabi). Dewan Saud dan sekutunya berkembang menjadi dominan di negara Arabia, pertama menundukan Nejd, lalu memperluas kekuasaan mereka ke pantai timur dari Kuwait sampai Oman. Orang Saudi juga membawa tanah tinggi 'Asir dibawah kedaulatan mereka, dan pasukan Wahhabi mereka mengadakan serangan di Irak dan Suriah, memuncak pada perampokan kota suci Shi'a, Karbala tahun 1801.

Pada tahun 1802, pasukan Saudi membawa daerah Hejaz dibawah kekuasaan mereka dan merebut dua kota suci, Mekah dan Madinah. Hal ini menyebabkan kemarahan kesultanan Utsmaniyah, yang telah menguasai kota suci sejak tahun 1517, dan membuat Utsmaniyah bergerak. Tugas untuk menghancurkan Wahhabi diberikan oleh Utsmaniyah pada raja muda kuat Mesir, Muhammad Ali Pasha. Muhammad Ali mengirim pasukannya ke Hejaz melalui laut dan merebutnya kembali. Anaknya, Ibrahim Pasha, lalu memimpin pasukan Utsmaniyah ke jantung Nejd, merebut kota ke kota, dan membuat pasukannya menghancurkan desa yang melawan dengan sedikit belas kasihan, kejadian yang masih diingat di Nejd sampai saat ini. Akhirnya, Ibrahim mencapai ibukota Saudi, Diriyah dan menyerangnya untuk beberapa bulan sampai kota itu menyerah pada musim dingin tahun 1818.

Ibrahim lalu membawa banyak anggota klan Al Saud dan Ibn Abd Al-Wahhab ke Mesir dan ibukota Utsmaniyah, Istanbul, dan memerintahkan penghancuran Diriyah, yang reruntuhannya kini tidak pernah disentuh kembali. Imam Saudi terakhir, Abdullah bin Saud dieksekusi di Ibukota Utsmaniyah, dan kepalanya dilempar ke air Bosphorus. Sejarah Negara Saudi Pertama berakhir, namun, Wahhabi dan klan Al Saud hidup terus dan mendirikan Negara Saudi Kedua yang bertahan sampai tahun 1891, dan negara ketiga, Arab Saudi, yang masih ada hingga kini.

Pemimpin Negara Saudi Pertama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar